Anggota Satuan Pengamanan (SATPAM) Memiliki Kewajiban Berikut!

Perusahaan Jasa Pengamanan, Outsourcing Security | PT. Panji Marss Satria
7 Februari 2019

Sumber : Commissionaires Great Lakes

Anggota Satuan Pengamanan (SATPAM) Memiliki Kewajiban Berikut – Satpam yang merupakan singkatan dari Satuan Pengamanan, adalah satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/proyek/badan usaha/jasa keamanan untuk melakukan keamanan fisik (physical security) dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya.

Kepolisian Negara Republik Indonesia menyadari bahwa polisi tidak mungkin bekerja sendiri dalam mengemban fungsi kepolisian. Oleh karena itu, lembaga satuan pengamanan secara resmi dibentuk pada 30 Desember 1980 melalui surat keputusan kepala kepolisian negara.

Keperuntukan keamanan pada umumnya adalah untuk mengamankan aset, kawasan atau wilayah, suatu instansi atau perusahaan serta dapat memberikan rasa nyaman bagi instansi tersebut, dalam beraktifitas dan menjalankan kegiatan sesuai fungsinya masing-masing.

Sudah Barang tentu suatu perusahaan apabila keamanan serta kenyamanannya terganggu oleh pihak luar maupun dalam, saat  beraktifitas atau bekerja akan terganggu. Maka dari itu, suatu perusahaan perlu yang namanya jasa keamanan yang handal yang berkualitas yang telah terdidik dan terlatih dan tidak menutup kemungkinan suatu perusahaan perlu bekerja sama dengan perusahaan pengamanan, outsourcing security yang dapat menjanjikan keuntungan yang pasti bagi perusahaan.

Keamanan adalah garda depan suatu perusahaan, bukan suatu yang menghasilkan produksi tapi sebagai manajemen yang menjaga hasil produksi dari perusahaan atau instansi tersebut.

Untuk jumlah atau kekuatan personil pada umumnya dilihat dari luas wilayah yang dimiliki suatu perusahaan atau instansi, tindak kerawanan yang terjadi di lingkungan sekitar serta aset-aset yang dimiliki oleh perusahaan atau instansi tersebut.

Suatu perusahaan yang memiliki wilayah yang luas, tingkat kerawanan yang tinggi serta memiliki aset yang besar sudah barang tentu jumlah personilnya membutuhkan lebih banyak. Dilihat dari titik-titik rawan serta keperuntukan-keperuntukan yang lain yang berkaitan dengan keamanan.

Keamanan pun harus profesional dan siap terjun di lapangan serta siap di plot (ditempatkan) dan dalam waktu atau cuaca apapun. Petugas/personil keamanan  wajib  disiplin, jujur, berani, dan bertanggung jawab terhadap perusahaan atau instansi tugasnya.

Berikut adalah kewajiban-kewajiban maupun yang hal-hal harus anggota satpam tahu dan lakukan saat bertugas agar kinerjanya sesuai dengan standar perusahaan dan tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kewajiban Anggota Satuan Pengamanan (SATPAM)

  1. PENGATURAN

Pengaturan disini dilihat dari medan yang diamankan, fungsi tambahan yang di keluarkan oleh perusahaan atau pimpinan keamanan. Dan dilihat dari kebutuhan perusahaan

  1. PENJAGAAN

Setiap keamanan memiliki fungsi dan tugas yang sama secara umum menjaga dan mengamankan semua asset, karyawan, atasan dan keamanan kerja dilingkungan kerja atau tempat-tempat tertentu sesuai dengan ploting yang diatur oleh perusahaan atau atasan. Dan dituntut seorang keamanan yang memiliki tanggung jawab, kedisiplinan, kejujuran tinggi.

  1. PENGAWALAN

Melakukan pengawalan pada atasan atau asset perusahaan yang dibawa atau dipindahkan, atau diambil dari tempat lain yang diperlukan perusahaan atau yang dikeluarkan oleh perusahaan. Dan bertanggung jawab penuh terhadap keamanan dan kenyamanan selama dalam perjalanan sampai tujuan yang dimaksut.

  1. PATROLI

Tugas ini diwajibkan kepada setiap keamanan yang ditempatkan disetiap plot yang sudah diatur oleh atasan atau yang sudah ditunjuk oleh atasan  keamanan guna melakukan kegiatan ini. Dan dapat melakukan pencegahan apabila dalam melakukan patroli mendapati hal-hal yang mencurigagan atau janggal dan melakukan pencekalan apabila terdapat hal-hal yang merupakan suatu pelanggaran didalam sistem pengamanan.

  1. PENYIDIKAN DAN PENYELIDIKAN

Kemampuan penyidikan dan penyelidikan setiap kejadian harus dimiliki oleh setiap personil sebelum ditangani oleh pihak yang berwajib, fungsi supaya dapat menggantisipasi sebelumnya untuk tidak terjadi hal-hal yang demikian

  1. PELAPORAN

Seorang keamanan harus dapat membuat laporan kepada atasan dan harus melaporkan segala sesuatu yang dianggap perlu untuk dilaporkan dan untuk diketahui oleh atasan atau pihak perusahaan. Dan dapat mengetahui kejadian tersebut penting atau tidaknya untuk dilaporkan atau dimutasikan.

  1. MENGAMANKAN

Keamanan mempunyai hak bahkan menjadi kewajiban pada situasi tertentu untuk mengamankan pelaku dan mengamankan barang bukti atau mencari barang bukti serta dapat meminta saksi-saksi yang benar mengetahui kejadian dan wajib menjadi saksi apabila personil tersebut mengetahui kejadian tersebut.

  1. SENYUM, SAPA, SALAM, TINDAK { S³T}
  • SENYUM
    Biasakan senyum untuk menerima tamu, karena dengan senyum tamu akan merasa dihargai dan dihormati.
  • SAPA
    Sapalah tamu sebelum anda disapa, Tanya keperluannya dengan sopan, sampaikan hal tersebut kepada yang dituju oleh tamu, diperbolehkan masuk atau tidak, apabila diperbolehkan, arahkan tamu tersebut kepada yang bersangkutan. Dan apabila tidak lakukan penolakan secara baik-baik dengan alasan yang tidak menyinggung perasaan tamu. Hal tersebut diatas biasanya digunakan apabila yang bersangkutan bertugas dipos jaga kantor atau didalam kantor.
  • SALAM
    Ucapkan salam yang bersifat umum kepada tamu. Perlakukan tamu dengan sebaik-baiknya. Ucapan-ucapan salam, ucapan penawaran bantuan, ucapan terima kasih, permintaan maaf, dan ucapan mempersilakan.
  • TINDAK
    Apa bila ada tamu yang melanggar ketertiban didalam lingkungan perusahaan atau kantor terlebih dahulu dilakukan teguran secara baik-baik, dinasihati dan apabila yang bersangkutan masih melakukan dan tidak mengindahkan teguran tersebut amankan.

Baca juga :

Jenis Layanan dan Jasa Perusahaan Outsourcing Security

Berikut adalah kewajiban satpam yang harus diketahui dan dilaksanakan oleh anggota satpam. Tentunya jika Anda bekerja sama dengan perusahaan outsourcing security, Anda tidak perlu merasa khawatir mengenai pendidikan dan pelatihan serta kinerja satpam maupun security, karena di outsourcing security, para satpam dan security diberi pelatihan juga pendidikan bagaimana menjadi satpam dan security yang baik yang sesuai dengan standar perusahaan.

Jasa Pengamanan Jabodetabek

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *